Rabu, 05 Desember 2012


PERJALANANKU KE TANAH JERUSALEM (AL  AQSA)

Ni merupakan pengalaman saya mengunjungi majidil aqsa dan dome of the rock, pada hari jumat tanggal 10 okt 2012 kapal dimana tempat saya bekerja singgah di ashod (Israel), hal ini langsung saya manfaatkan tuk explore Israel.  Pagi hari skitar jam 9 saya dan rombongan menuju kota tua Jerusalem, saya bersama teman2 menggunakan bus langsung menuju ke Dung gate (pintu masuk kota tua jerusalem dekat western wall).

Luas Jerusalem hanya skitar 123 km2 dan sepanjang sejarahnya Jerusalem telah dihancurkan dua kali, dikepung 23 kali, diserang 52 kali, dan dikuasai/dikuasai ulang 44 kali. Namun dari semua penguasaan, hanya ketika dibawah kepemimpinan muslim lah kota ini mendapatkan kedamaian.

Kembali ke perjalanan saya, saya bersama rombongan (11orang muslim) memutuskan untuk memisahkan diri dari rombongan tour,karna rombongan tour hanya akan menuju tempat2 suci  kaum jesus dan beberapa yahudi. Sementara itu tujuan saya hanya al aqsa. Sebelum memasuki kawasan al aqsa ada sebuah test. Seorang tentara bertanya kepada saya, are you moslem? Please read syahadat. Dan langung saya mengucapkan syahadat, tentara itu pun mempersilahkan saya untuk memasuki al aqsa. Saat itu Adzan jumat tlah berkumandang, langsung saya ambil air wudu dan langsung memasuki masjidil aqsa…sebagai informasi air wudu di al aqsa sangat segar (gk tau ni air diambil dari mana?) dan di pelataran komplek al aqsa sangat sejuk meski saat itu masih summer, banyak orang2 dengan sepatu yg masih dpakai salat di jalanan komplek al aqsa. Batu2 dsni pun terasa dingin…

Setelah salat jumat kami melakukan salam2an dan bercengkrama sebentar dengan orang2 palestine. Stelah itu saya menuju masjid dome of the rock,ketika keluar al aqsa saya melihat segrombolan orang2 palestine melakukan orasi di depan masjid al aqsa, orasi ini kelak akan jadi sebuah peperangan dengan polisi Israel.

Dome of the rock saat ni dgunakan sebagai masjid untuk wanita,di dalamnya terdapat batu seperti gua, dari ceritanya batu tersebut melayang karena ketika nabi Muhammad ke langit tujuh saat isra miraj seluruh gunung2 ingin ikut nabi Muhammad bertemu Alloh termasuk batu tersebut.namun oleh nabi Muhammad dan malaikat jibril melarangnya sehingga batu tersebut melayang. Di dalam juga terdapat telapak kaki nabi Muhammad dan rantai buroq. Wallohua’lam…bener gaknya saya gak tau…

Ketika saya selesai salat sunah di dalam gua terdengar suara tembakan dan teriakan ibu2 tua (shoting2…) smua pintu di dome of the rock dikunci. Dalam hati udah pasrah kalo pahit2nya saya gak bisa pulang.saat itu ketua rombongan negosiasi meminta bantuan pada takmir masjid untuk bisa keluar dari dome of the rock. Atas bantuan ta’mir masjid saya dan rombongan dapat keluar dengan selamat. Di situ saya melihat orang2 terluka dan petugas red cross sibuk membawa tandu. Dan saya melihat seorang bapak tua di lokasi kejadian dengan santainya menyapa saya…WELCOME TO JERUSALEM…



 saya bersama rombongan

masjidil aqso dari luar, dibawah adalah bagunan yang lebih dahulu ada sebelum al aqso dibangun. 

 Dome of the rock

 di dalam dome of the rock

western wall (sebenernya ini adalah pagar masjid), tempat sembayang orang yahudi

 orang palestine sedang berorasi sebelum di bubarkan oleh polisi israel.

tembok luar kota jerusalem.



1 komentar: